Lamaran Unik Kolaborasikan Dua Adat, Betawi dan Bugis

Dalam merangkai acara lamaran yang digelar pada 10 Februari 2018 lalu, Putri dan Adit menentuan konsep lamaran secara mandiri. Tanpa ada campur tangan orang tua, semua diserahkan kepada Putri dan Adit. Selama persiapan ada perasaan was-was, karena acara lamaran dan pernikahan hanya berjarak 1 bulan. Sehingga pada saat mempersiapkan acara lamaran juga beriringan mempersiapkan acara pernikahan. Kerepotan pun menjadi dua kali lipat, dan harus memastikan persiapan kedua acara tersebut telah selesai. Sebelum acara pernikahan juga ada pengajian dan siraman yang menguji Adit maupun Putri untuk merampungkan persiapan seluruh acara dalam jarak waktu berdekatan.

Kebetulan ada persamaan suku dari kedua pihak keluarga, Adit merupakan perpaduan dari orang tua berdarah Sunda dan Betawi, sementara Putri juga memiliki campuran Sunda dan Bugis. Keberagaman suku tersebut dituangkan selama acara pernikahan bahkan pada acara lamaran yang mengusung adat Betawi dan Bugis.

Sesuai adat Betawi yang akan meminang seorang gadis, sang pria akan datang beramai-ramai bersama keluarganya dengan didampingi palang pintu yang beradu pantun dan silat. Agar semakin terlihat khas Betawi, busana yang dipakai Adit dan keluarganya juga khas busana Betawi. Sedangkan Putri yang menunggu kedatangan keluarga Adit telah siap berdandan mengenakan busana dari kain Bugis. Kedua adat yang berdampingan pun dapat menyatu membaur dalam satu acara lamaran.

Meminang sudah sepantasnya dilakukan dengan memberi berbagai macam bingkisan. Khususnya bagi adat Betawi yang selalu memberi bingkisan wajib seperti seperti kue talam, kue rangi, kembang goyang dan tidak lupa juga sepasang roti buaya bersama dengan anak-anaknya untuk keluarga Putri. Tidak pulang dengan tangan kosong, keluarga Adit yang akan pulang juga diberikan antaran balasan dari berbagai jenis makanan khas Bugis seperti es pisang ijo, barongko, gogos, buras dan sebagainya.

Vendor yang terlibat dalam acara lamaran:
Dekorasi: AmyChiko Design
Seserahan: AmyChiko Design
Wardrobe
Putri: koleksi pribadi
Adit: Negarawan
Make up: Ayura
Sanggar Betawi: Sanggar Si Pitung
Foto: Namora Pictures

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP