Mengenal Tea Pai, Upacara Teh dalam Pernikahan Tionghoa

Pernikahan Tionghoa memang kental akan budaya dan budaya ini direalisasikan lewat ritual atau acara yang dilaksanakan dari sebelum hingga hari pernikahan berlangsung. Salah satunya adalah Tea Pai. Dalam artikel ini, kamu akan diajak mengulik upacara ini lebih lengkap.

Tea Pai, merupakan istilah gabungan dari kata “tea” yang berarti teh dalam bahasa Inggris dan “bai” yang dibaca “pai” dari bahasa Mandarin yang berarti ungkapan terima kasih. Maka dari itu, Tea Pai adalah adalah ritual penghormatan untuk anggota keluarga yang lebih tua dengan cara menyuguhkan teh dari anggota keluarga yang baru saja menikah.

Upacara ini biasanya digelar pada pagi hari setelah pemberkatan, sebelum dilaksanakannya resepsi, yang dihadiri oleh keluarga kedua mempelai yang sudah menikah yaitu orang tua, saudara kandung, paman dan bibi, kakek dan nenek, sepupu atau keponakan yang setidaknya sudah pernah menikah.

Beberapa syarat dari prosesi ini adalah ada anggota keluarga yang tidak boleh hadir diantara lain, adik dari pengantin dilarang hadir terutama yang sudah menikah, kakak juga dilarang hadir apabila belum menikah atau sudah dilangkahi. Namun ada pengecualian, jika orang tua sudah wafat, maka sang kakak boleh menggantikan sebagai wali yang sah.

Tea Pai diawali dengan pemberian teh kepada orang tua, dilanjutkan dengan kakek, nenek, paman, bibi, dan seterusnya. Sebelum menyuguhkan teh, kedua mempelai akan membungkukkan badan atau berlutut di depan orang tua dan kakek-nenek untuk memberi hormat. Keluarga mempelai yang dilayani terlebih dahulu akan disuguhkan oleh mempelai lawan jenis dengan mengambil teh dari nampan dan menyuguhkannya kepada keluarga tersebut, serta mengambil kembali cangkir kosongnya. Setelah meminum teh tersebut, pihak keluarga yang dituakan akan memberikan angpau atau perhiasan sebagai bentuk rasa terima kasih. Prosesi ini biasanya digelar di rumah mempelai wanita, namun seiring berjalannya waktu, Tea Pai ini sering dilaksanakan di venue-venue pernikahan seperti hotel dan restoran.

Beberapa artis keturunan Tionghoa juga melaksanakan tradisi ini untuk melestarikan budaya leluhur, diantaranya:

Clarissa Tanoesoedibjo

Menikah di bulan September lalu, pasangan Clarissa Tanoesoedibjo dan Anthony Tjipto merayakan prosesi Tea Pai setelah menggelar upacara sipil. Keduanya tampil serasi dengan busana cheongsam toska.

Valencia Tanoesoedibjo

Saudara perempuan Clarissa, Valencia Tanoesoedibjo juga menggelar prosesi Tea Pai tahun 2023 lalu setelah resmi menikah dengan atlet bulu tangkis, Kevin Sanjaya. Berbeda dengan Clarissa, Valencia dan Kevin memilih cheongsam biru tanpa mengurangi aura kemewahan dari keluarga Tanoesoedibjo.

Roger Danuarta

Menikahi Cut Meyriska di tahun 2019, Roger Danuarta yang memang keturunan Tionghoa melaksanakan Tea Pai dengan attire serba merah. Pasangan ini tampak bahagia, karena prosesi ini langsung dilanjutkan dengan resepsi mewah malam itu.

Dion Wiyoko

Resmi menjadi suami dari Fiona Anthony pada tahun 2017, Dion Wiyoko sekeluarga menggelar upacara Tea Pai sebagai salah satu caranya melestarikan budaya leluhur. Dion Wiyoko tampil menawan dengan changsan navy, sedangkan Fiona tampak menawan dengan gold dress dengan kerah Shanghai.

Putri Titian

Aktor Junior Liem sebagai keturunan Tionghoa, menikahi aktris Putri Titian pada tahun 2016 pun juga merayakan prosesi minum teh satu ini. Di-posting di Instagram pribadi Putri Titian, dirinya mengaku mendapatkan angpau setelah menyelesaikan upacara ini. Keduanya mengenakan attire senada dengan motif burung merak sebagai salah satu simbol dengan makna mendalam yang sering muncul dalam pernikahan Tionghoa.

Patricia Gouw

Patricia Gouw dan suaminya, Daniel menggelar prosesi Tea Pai di Pulau Dewata. Keduanya tampil kompak dengan cheongsam berwarna biru. Biasanya kocak, saat menggelar seluruh rangkaian pernikahannya di Bali, pasangan ini tampak khidmat, serius, namun tetap bahagia. Sekarang pasangan ini sudah dikarunia satu orang putri cantik.

Terus update tren dan berita terkini pernikahan dengan men-download aplikasi Weddingku di smartphone-mu dan mengikuti media sosial Weddingku di Instagram, TikTok, Facebook, Pinterest, dan YouTube agar kamu tidak ketinggalan infonya!

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP