Sentuhan Unik dalam Dekorasi Sangjit Jadi Cara Modern Hormati Tradisi

Menjadi salah satu tradisi yang dilestarikan oleh para pasangan dengan keturunan Tionghoa, Sangjit menjadi momen penting yang kental dengan budaya. Menyatukan dua hati dalam sebuah prosesi lamaran adalah ajang di mana, para pasangan ini untuk berkreasi dalam menentukan konsep serta dekorasi acaranya.

Ini dia beberapa inspirasi dekorasi unik untuk acara Sangjit untuk ciptakan suasana yang modern dan trendy!

Touch-of-Nature
Untuk menciptakan suasana yang menenangkan, kamu bisa menempatkan berbagai elemen-elemen yang mampu menggambarkan keindahan alam.

Daun Pisang

Menghadirkan sebagai backdrop membawa nuansa yang membumi sebagai simbol harmonisasi antara budaya dan alam. Daun pisang sendiri memiliki arti kesederhanaan, sahaja, dan egaliter atau kesetaraan. Hal ini bisa diimplementasikan dalam sebuah hubungan asmara yang akan berlanjut ke pelaminan. Lewat busana cheongsam dan changshan, perpaduan backdrop unik ini menjadi sebuah kolaborasi unik budaya Indonesia dan Tionghoa.

Batu dan Anyaman Kayu

Menyuguhkan suasana seperti mengunjungi pegunungan yang sejuk, maka dihadirkanlah dekorasi bebatuan dengan warna gelap untuk mereplika landscape tersebut. Tak lupa dengan elemen dedaunan hijau. Agar semakin unik dan menyatu dengan alam, maka taruh juga berbagai details kerajinan yang bahannya berasal dari bumi seperti anyaman kayu untuk seserahanmu.

Traditional Chinese
Agar semakin kental dengan nilai leluhur, kamu bisa mencanangkan beberapa elemen dekorasi yang berasal dari budaya Tionghoa.

Shio

Jika masyarakat Yunani memiliki 12 zodiak, masyarakat Tionghoa memiliki 12 shio yang berkaitan langsung dengan astrologi yang diwakili oleh berbagai hewan yang memiliki makna mendalam. Salah satunya adalah dekorasi di atas dengan shio monyet dan tikus yang bersatu dalam suatu perayaan cinta. Shio juga sering dipercaya mendatangkan keberuntungan dan harapan baik sesuai dengan waktunya masing-masing.

Kaligrafi Cina

Bukan hanya sekedar karakter, kaligrafi Cina merupakan seni yang merangkum sejarah budaya Tiongkok sejak zaman Dinasti. Kaligrafi ini juga dinilai sebagai suatu kebebasan ekspresi. Menempatkan kaligrafi Cina dalam dekorasi Sangjit tak hanya untuk menyampaikan pesan mendalam dari setiap aksaranya, namun juga mempertahankan peninggalan antik dengan generasi muda agar tetap relevan.

Hewan Mitologi Cina

Kebudayaan Tionghoa memiliki berbagai hewan mitologi yang menjadi simbol yang diimplementasikan dalam berbagai hal di kehidupan modern. Tak hanya menakjubkan, hewan mitologi ini ternyata memiliki makna mendalam yang merepresentasikan hal-hal baik dalam kehidupan. Salah satunya adalah hewan Naga dalam dekorasi Sangjit bisa dimaknai sebagai perayaan yang penuh wibawa.

Chinese Retro

Untuk menambah suasana dramatis, dekorasi retro layaknya film garapan Wong Kar-wai di tahun 80 hingga 2000-an dengan elemen neon menciptakan nuansa klasik dengan atmosfer elegan dan penuh emosi layaknya menonton film di layar kaca menjadikan momen Sangjitmu semakin ikonik dan berkesan.

Peranakan Chinese

Salah satu konsep aesthetic yang semakin marak dalam perayaan Sangjit adalah konsep peranakan chinese. Peranakan sendiri merupakan grup etnis campuran Cina dengan Asia Tenggara, salah satunya adalah Indonesia. Elemen yang bisa kamu taruh dalam dekorasi ini adalah barang dengan konsep “jadul” atau vintage seperti tanggalan kertas dan rantang yang memang digunakan masyarakat Iokal dalam suasana venue yang mengingatkan akan rumah-rumah tradisional.

Cindie

Terms terbaru “Cindie” atau Cina Indie adalah salah satu konsep yang diusung baru-baru ini oleh pasangan Jeanne dan Allen. Dengan dekorasi simple dengan elemen bunga, buah, dan sayuran dalam table setting-nya, membuat Sangjit ini dinilai sangat kekinian dan kreatif. Menu list-nya pun didesain sederhana namun memikat, menyesuaikan dengan tema indie.

Terus update tren dan berita terkini pernikahan dengan men-download aplikasi Weddingku di smartphone-mu dan mengikuti media sosial Weddingku di Instagram, TikTok, Facebook, Pinterest, dan YouTube agar kamu tidak ketinggalan infonya!

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP