Tips Agar Rambut Indah Berkilau Di Hari Istimewa

Bukan hanya gaun dan rias wajah, tata rambut juga memegang peranan penting akan sempurnanya kecantikan pengantin wanita. Seperti kita tahu, rambut adalah mahkota setiap wanita, karenanya keindahan rambut memegang peranan yang sangat penting akan kecantikan setiap wanita. Terutama di hari paling penting dalam hidupnya, pernikahan.

Setiap individu dilahirkan dengan jenis rambut berbeda. Sebagian wanita di Indonesia dilahirkan dengan rambut halus hitam berkilau, tetapi sebagian lain terlahir dengan rambut keriting, ikal, bahkan dengan warna yang tidak terlalu hitam. Tentu saja semua harus kita syukuri. Dan yang terpenting adalah menjadikan mahkota tersebut indah di hari istimewa. Apapun jenis rambut Anda, bila dirawat dengan baik, tak ada alasan untuk tidak tampil cantik pada momen spesial terutama pernikahan. Dan perlu Anda ketahui, yang paling utama dalam perawatan rambut adalah menjaga kesehatan dan kebersihan kulit kepala.

  1. Mencuci rambut

Agar rambut Anda tetap cantik, jangan pernah mencuci rambut dengan air panas. Mengapa? Karena rambut akan lebih mudah menyerap air pada temperatur yang tinggi, sehingga rambut tidak dapat memantulkan cahaya. Perhatikan shampo yang Anda gunakan. Makin rendah pH shampo, makin tinggi tingkat keasamannya. Hal ini dapat mengecilkan pori-pori pada batang rambut, sehingga membuat rambut makin bercahaya. Bagi pemilik rambut tebal dan kasar, gunakan conditioner, terutama yang mengandung protein, untuk memberikan lapisan tipis pada batang rambut, dan membuatnya tahan terhadap beberapa hal yang berpotensi merusak rambut seperti pengeringan dengan temperature tinggi, sisir yang terlalu keras, dan sebagainya.

  1. Pilih sisir sesuai dengan jenis rambut

Ada beberapa pilihan sisir yang dapat Anda gunakan. Untuk semua jenis rambut, gunakan sisir yang biasanya terbuat dari plastik dan giginya jarang-jarang atau biasa disebut vent comb. Sisir ini sangat cocok untuk jenis rambut yang mudah patah, sering diwarnai atau dikeriting. Untuk rambut normal yang lurus, berombak maupun keriting, gunakan sisir jenis round brush, karena dapat meluruskan rambut keriting serta memberikan efek tebal pada rambut yang pendek. Untuk rambut yang panjang, gunakan sisir yang terbuat dari kayu, bulunya melengkung dan alasnya berbentuk oval, flat brush, untuk membuat rambut rapi mengembang.

  1. Lakukan perawatan

Lakukan beberapa perawatan secara berkala terhadap rambut Anda, seperti menggunakan shine enhancing shampo serta conditioner yang mengandung silikon serta minyak yang dapat mengkilapkan rambut. Bagi Anda yang sering mewarnai rambut, usahakan untuk tidak terlalu sering melakukannya, terutama bila prosesnya memerlukan pengecatan yang berulang-ulang. Tanpa perawatan yang tepat, proses pewarnaan ini dapat menyebabkan rambut rusak dan bercabang. Gunakan hair tonic untuk membantu merangsang pertumbuhan rambut baru yang lebih sehat.

Rambut yang sehat tentu memudahkan penata rambut Anda di hari pernikahan untuk menata rambut sesuai keinginan Anda. Oleh karenanya, rawatlah mahkota Anda agar dapat tampil indah dan berkilau pada hari istimewa Anda.

Foto : Dok. Istimewa

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP