Tips Memilih Katering Untuk Pernikahan

Foto : Akasya Catering

Dalam persiapan pernikahan, salah satu hal utama yang penting untuk Anda perhatikan adalah katering. Kerap disebutkan dalam beberapa pembahasan mengenai anggaran pesta pernikahan, bahwa katering merupakan salah satu item yang memerlukan biaya cukup besar, bila tak ingin dikatakan paling besar. Tak heran sebenarnya, karena sebagai tuan rumah, Anda pasti ingin memberikan yang terbaik kepada para tamu undangan. Kurang elok rasanya bila hidangan yang Anda sajikan kurang berkenan, padahal mereka telah menyempatkan waktu memenuhi undangan Anda berdua.

Oleh karena itu, telitilah dalam memilih vendor katering. Jangan sampai setelah Anda mengalokasikan dana cukup besar, namun mendapatkan hasil yang tidak maksimal. Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda menentukan vendor katering yang tepat untuk hari pernikahan.

  1. Survei

Foto : Adhika Catering

Langkah pertama yang harus Anda lakukan memilih beberapa calon vendor katering yang akan Anda gunakan jasanya kemudian. Anda bisa memulai pencarian dengan membuka situs yang menyediakan data vendor-vendor pernikahan, seperti Weddingku.com misalnya. Beragam vendor pernikahan dapat Anda temukan di sini, termasuk vendor katering. Pelajari mereka dengan seksama. Vendor yang memiliki jam terbang tinggi dan review yang baik dari para kliennya, tentu patut untuk Anda pertimbangkan.

  1. Buat Janji

Foto : Bali Indah Catering

Hal kedua yang penting untuk Anda lakukan adalah membuat janji dengan vendor. Kunjungi vendor di kantor mereka, sehingga Anda dapat melihat dan mengamati cara kerja mereka, kebersihan dapur dan kantor, juga kebersihan dan kerapihan para pegawai yang terlibat di dalamnya. Bila Anda penyuka kerapihan dan kebersihan, tentu tak akan merasa nyaman bekerjasama dengan mereka yang tak memperhatikan kebersihan dalam menyediakan makanan untuk para tamu undangan Anda nantinya. Bisa juga Anda menghadiri pameran-pameran seperti Jakarta Wedding Festival yang baru saja digelar oleh Weddingku dan Dyandra Promosindo. Di pameran seperti ini biasanya mereka menyediakan cukup banyak menu yang dapat Anda cicipi terlebih dahulu.

  1. Pilihan Menu

Foto : Dasa Catering

Masing-masing vendor katering biasanya memiliki satu atau lebih menu andalan. Hal ini perlu Anda tanyakan sebagai langkah awal dalam mengetahui spesifikasi menu yang mereka miliki. Vendor katering yang menu andalannya adalah nasi liwet misalnya, dapat diprediksi mereka ahli dalam mengolah menu khas Indonesia. Namun vendor yang menu andalannya bebek peking atau sop tom yam, kemungkinan besar lebih memiliki keahlian di menu oriental. Penting untuk melihat dan mempelajari menu yang memang biasa mereka sajikan. Hal ini untuk menghindari ketidakcocokan antara tema acara dan menu yang disajikan.

  1. Pegawai Yang Handal & Memadai

Foto : Chez Ingrid Catering & Bakery

Sebelum menandatangani kontrak kerjasama, pastikan vendor katering yang Anda pilih memiliki pegawai yang memadai. Bukan hanya dari segi jumlah, tetapi juga kapabilitas dan profesionalisme mereka dalam bekerja. Ini akan menentukan apakah mereka sanggup menangani pesta Anda. Diskusikan dengan pihak vendor, apa saja yang Anda butuhkan dan pastikan mereka sanggup menangani semua kebutuhan tersebut.

  1. Test Food

Foto : Oma Thia`s Kitchen Catering

Penting untuk melakukan test food sebelum Anda menentukan pilihan. Bila waktu yang ada masih cukup panjang, Anda bisa datang ke pameran pernikahan dimana vendor catering yang sedang Anda jajaki ikut berpartisipasi di dalamnya. Pada saat pameran setiap vendor catering akan menyiapkan cukup banyak makanan untuk para calon pengantin yang ingin melakukan test food, seperti Jakarta Wedding Festival yang baru saja digelar oleh Weddingku dan Dyandra Promosindo. Di pameran ini biasanya mereka menyediakan cukup banyak menu yang dapat Anda cicipi terlebih dahulu. Namun bila waktunya kurang panjang, jadwalkan bersama vendor untuk melakukan test food. Jangan pernah ambil resiko untuk menentukan satu vendor katering tanpa Anda melakukan test food terlebih dahulu. Terlebih bila menu yang Anda ingin hadirkan tak tersedia.

  1. Harga

Foto : S2 Banquet Jakarta

Terakhir, setelah segala yang Anda butuhkan tersedia, pastikan harga yang ditawarkan sesuai dengan bujet Anda. Bila harganya terlalu tinggi sementara Anda sudah jatuh cinta pada vendor tersebut, cobalah untuk bernegosiasi. Barangkali ada item yang tidak terlalu penting yang dapat dikurangi atau bahkan dihilangkan. Bila masih juga tidak sesuai, ada baiknya Anda melirik vendor katering lain yang harganya sedikit lebih rendah, namun dengan kualitas yang tetap terjaga.

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP