Tips Menggelar Pernikahan di Rumah, Ini Dia 7 Hal yang Harus Dipersiapkan dan Diperhatikan!

Berencana mewujudkan pernikahan di rumah? Siapa takut! Walaupun banyak orang yang berpendapat bahwa menggelar pernikahan di rumah terasa lebih sulit, namun kuncinya tetap sama. Semua pernikahan harus memiliki perencanaan yang matang dan tetap dijaga ketertibannya, mulai dari vendor hingga izin kepada ketua lingkungan sekitar. Bahkan beberapa artis terkenal seperti Maudy Ayunda, Cut Meyriska, dan Putri Tanjung bahkan menggelar pernikahannya di rumah, lho! Mau tau apa saja tipsnya? Yuk, baca artikelnya hingga selesai agar pernikahanmu tetap ciamik dan berjalan sesuai dengan ekspektasi.

Mempersiapkan segala hal secara matang
Menikah di rumah bisa dipersiapkan dengan meng-hire vendor-vendor berkualitas, jika kamu mencari langkah yang lebih mudah, kamu bisa menyewa jasa wedding organizer/planner untuk membantumu menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan pernikahan. Namun, jika kamu memutuskan untuk melakukannya sendiri sebaiknya kamu mempersiapkan dari jauh-jauh hari. Idealnya adalah tiga hingga enam bulan sebelum hari-H pernikahan. Wajib bagimu untuk mencatat hal-hal secara rinci agar tidak ada yang terlewat.

Hitung kembali jumlah tamu undangan
Saat menggelar pernikahan di rumah, idealnya kamu bisa menyortir kembali tamu yang akan diundang. Dengan mengukur luas halaman yang akan kamu jadikan venue untuk pernikahanmu, kamu bisa menghitung ulang dan memprioritaskan pihak mana yang datang saat akad atau resepsi. Kamu juga bisa memutar otak dengan menggelar intimate wedding yang bisa dihadiri oleh keluarga, kerabat, dan teman terdekat.

Cari vendor-vendor yang berkualitas dan terpercaya
Semuanya tidak bisa kamu lakukan seharian, kamu pastinya akan membutuhkan jasa vendor untuk dekorasi, busana, fotografi, hingga katering. Carilah vendor yang berkualitas yang bisa menyesuaikan keinginan dan kebutuhan pernikahanmu. Walaupun di rumah, jika kamu memilih vendor yang tepat, pernikahanmu tak akan kalah ciamik dan trendy dari akad atau resepsi yang digelar di venue-venue pernikahan pada umumnya.

Jangan sungkan meminta bantuan kerabat jika memang dibutuhkan
Sebagai pilihan alternatif, kamu bisa meminta bantuan para kerabat dekat untuk berpartisipasi untuk menjadi bagian dalam pernikahan seperti menjadi among tamu. Selain mempererat persaudaraan, menetapkan kerabat sebagai among tamu merupakan pilihan yang tepat karena dapat dipercaya.

Izin kepada ketua lingkungan sekitar dan perhatikan lahan parkir
Walaupun kamu sudah lama tinggal di lingkungan tersebut, sangat disarankan untuk meminta izin kepada ketua lingkungan rumahmu, contoh Ketua RT untuk mendiskusikan atau memberikan heads up bahwa akan ada acara pernikahan yang diusung dengan suara musik dan keramaian yang melampaui dari biasanya. Apalagi jika kamu mengundang tamu yang harus berasal dari luar kota, pastinya kamu harus memerhatikan lahan parkir untuk mobil atau motor agar para tamu tersebut tidak memarkir kendaraannya secara sembarangan dan tidak menutup jalan secara keseluruhan.

Batasi volume speaker serta durasi entertainment
Untuk menjaga ketertiban dan kedamaian lingkungan rumah, kamu bisa membatasi volume serta durasi entertainment pernikahanmu agar tidak disetel atau berlangsung sepanjang hari karena dikhawatirkan akan mengganggu istirahat tetangga sekitar, apalagi jika terdengar hingga semalam suntuk. Kamu juga mempersingkat acara pernikahanmu layaknya menikah di gedung, yaitu sekitar dua hingga tiga jam.

Pastikan lingkunganmu kembali bersih usai acara selesai
Jika kamu menikah di rumah, tidak bisa dicegah jika ada sampah yang mungkin bertebaran selama acara berlangsung. Maka dari itu, penting bagimu untuk menyiapkan tempat sampah di berbagai sudut yang terlihat oleh mata telanjang agar para tamu dapat dengan mudah membuang sampahnya secara mandiri. Jangan lupa untuk membersihkan halaman atau jalan rumahmu atas sisa-sisa dekorasi yang mungkin terjatuh agar lingkungan rumahmu tetap bersih, rapi, dan sehat.

Berikut beberapa artis yang menggelar pernikahannya di rumah! Tetap terlihat elegan, indah, dan meriah lho!

Maudy Ayunda
Menikah dengan Jesse Choi di tahun 2022 lalu, pasangan artis yang sering jadi panutan para pasangan muda zaman sekarang ini menggelar akad nikahnya di kediaman Maudy yang dihias dengan dekorasi putih dan pastel. Maudy dan Jesse mengenakan busana tradisional adat Jawa yang otentik dan menawan.

Putri Tanjung
Produser film, Putri Tanjung juga menggelar rangkaian pernikahannya mulai dari pengajian, siraman, midodareni, hingga akad di kediaman Chairil Tanjung, ayahnya tepatnya di Jakarta Pusat. Rumah yang berlokasi di Menteng ini, ditransformasi menjadi venue pernikahan yang kental dengan nuansa Jawa lewat pemilihan dekorasi mawar putih dan merah serta detail furniture coklat yang memancarkan kesakralan namun tetap terasa mewah.

Cut Meyriska
Menggelar pernikahan di rumah, pasangan Cut Meyriska dan Roger Danuarta merayakan hari bahagianya di rumah Cut Meyriska di Medan pada tahun 2019 lalu. Akad tersebut diadakan di rumah karena dianggap lebih nyaman dan bebas.

Terus update tren dan berita terkini pernikahan dengan men-download aplikasi Weddingku di smartphone-mu dan mengikuti media sosial Weddingku di Instagram, TikTok, Facebook, Pinterest, dan YouTube agar kamu tidak ketinggalan infonya!

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP